Minggu, 24 Oktober 2010

Keajaiban Lebah Madu

Pernahkah membayangkan keajaiban lebah madu? Ternyata didalam hewan ini tersimpan banyak sekali keajaiban.
Lebah ini membuat tempat penyimpanan madu dalam bentuk heksagonal. Dimana bentuk ini merupakan bentuk paling efektif sebagai media penyimpanan madu bila dibandingkan dengan gentuk geometris yang lain.

Banyak para peneliti yang mengemukakan bahwa Lebah madu menggunakan bentuk yang sangat memungkinkan bagi mereka untuk menyimpan madu dalam jumlah maksimal tetapi dengan penggunaan material penyusun yang paling sedikit.

Para ahli matematika dibuat terkagum kagum oleh keajaiban lebah madu mengingat perhitungan lebah yang sangat cermat. Disamping itu, cara komunikasi antar lebah adalah sangat sulit dipercaya, dimana lebah pekerja setelah menemukan sumber makanan dari nectar bunga untuk pembuatan madu terbang lurus ke sarangnya. Kemudian si pekerja tersebut memberitahukan kepada lebah-lebah yang lain arah sudut dan jarak sumber makanan dari sarang dengan sebuah tarian khusus badan dan sayapnya. Lebah pekerja yang lain menangkap isyarat tersebut dan dapat mengetahui posisi sumber makanan dan mampu menemukannya tanpa kesulitan.

Keajaiban lebah yang lain adalah bagaimana ketika mereka membangun sarang. Lebah lebah pekerja memulai membangun sel-sel tempat penyimpanan madu dari sudut-sudut yang berbeda dan seterusnya hingga pada akhirnya mereka bertemu di tengah dan setelah pekerjaan usai, tidak nampak adanya ketidakserasian ataupun tambal sulam pada sel-sel tersebut. Di era modern ini, manusia tidak akan mampu membuat perancangan bangunan yang sempurna ini tanpa perhitungan geometris yang rumit dan bantuan software, akan tetapi lebah melakukannya dengan sangat mudah.

Apakah keajaiban lebah madu yang lain? lebah mampu menghasilkan madu sepuluh kali lipat lebih banyak dari yang mereka butuhkan, mengapa? Agar manusia dapat memperoleh manfaat dari madu yang mengandung obat bagi manusia. Bagi umat islam tentunya sering mendengar tentang lebah dan terjemahan sebagai berikut: Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan. (QS. An-Nahl, 16: 69)

Apakah keajaiban lebah madu dari madu yang dihasilkannya? madu merupakan salah satu sumber makanan yang Allah sediakan untuk manusia melalui serangga yang mungil ini, dimana tersusun atas beberapa molekul gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, potasium, sodium, klorin, sulfur, besi dan fosfat. Disamping itu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas madu bunga dan serbuk sari yang dikonsumsi lebah, dan juga mengandung tembaga, yodium dan seng dalam jumlah yang kecil, juga beberapa jenis hormon. Sehingga tidaklah mengherankan bilamana madu adalah “obat yang menyembuhkan bagi manusia”.

Fakta ilmiah keajaiban lebah dan khasiat madu ini telah dibenarkan oleh para ilmuwan yang bertemu pada Konferensi Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) yang diselenggarakan pada tanggal 20-26 September 1993 di Cina. Dimana pada konferensi tersebut didiskusikan pengobatan dengan menggunakan ramuan yang berasal dari madu.

ilmuwan Amerika mengatakan bahwa madu, royal jelly, serbuk sari dan propolis (getah lebah) dapat mengobati berbagai penyakit. Seorang peneliti, dokter asal Rumania, mengatakan bahwa ia mencoba menggunakan madu untuk mengobati pasien katarak, dan 2002 dari 2094 pasiennya sembuh sama sekali. Dokter asal Polandia juga mengatakan dalam konferensi tersebut bahwa getah lebah (bee resin) dapat membantu menyembuhkan banyak penyakit seperti wasir, penyakit kulit, penyakit ginekologis dan berbagai penyakit lainnya.
  • Share

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010 WidadRachman - All Right Reserved